Pengantar Agribisnis Perikanan



Makalah Penawaran
Tugas tambahan mata kuliah Pengantar Ekonomi Perikanan

 
 


Disusun Oleh :
                                               Nama         : Linda Apriliani
                                               Nim            : 1610716120003
                                               Prodi          : Ilmu Kelautan
Dosen Pengampu : Dr. Erma Agusliani, S.Pi., MP.
                                     






KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
BANJARBARU
2017






KATA PENGANTAR
 Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah nya sehingga penyusun dapat menyusun makalah ini guna memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah “Pengantar Ekonomi Perikanan” dan menambah ilmu pengetahuan bagi penyusun sendiri dan orang banyak dan dapat juga agar dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengerjakan tugas mata kuliah lain yang berhubungan dengan makalah ini.          
Penyusun menyadari bahwa dalam makalah ini masih belum sempurna untuk itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Dosen Pengampu mata kuliah guna perbaikan dari makalah ini. Sekian pengantar dari penyusun. Terima kasih.









Banjarbaru, 30 Mei 2017





                                                                                                  Penyusun




DAFTAR ISI
Halaman
                        KATA PENGANTAR.........................................................................................     i
                        DAFTAR ISI.......................................................................................................    ii
                        BAB 1. PENDAHULUAN.................................................................................    1
                         A. Latar Belakang..............................................................................................    1
                         B. Rumusan Masalah.........................................................................................    1
                         C. Tujuan Penulisan ..........................................................................................    1
                        BAB 2.PEMBAHASAN ....................................................................................    2
                        BAB 3. PENUTUP.............................................................................................    5
                         A. Kesimpulan...................................................................................................    5
                         B. Saran..............................................................................................................   5
                        DAFTAR PUSTAKA

BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sebagai alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani, yakni “oikos” berarti rumah tangga atau keluarga dan “nomos” berarti peraturan, aturan, hukum, dan secara garis besar dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga. Penawaran dan permintaan selalu ada di kehidupan manusia yang memang merupakan bagian terpenting dalam pemahaman kita mengenai sistem pasar. Hal yang harus diketahui ialah apa saja yang dapat memepengaruhi penawaran komoditi tertentu berikutnya baru kita bisa melihat bagaimana penawaran bersama-sama menentukan harga serta bagaimana sistem harga itu secara keseluruhan memungkinkan sistem perekonomian bereaaksi terhadap perubahan penawaran. Penawaran sangat membantu kita dalam memahami keberhasilan sistem harga dan juga kegagalannnya.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan penawaran ?
2. Bagaimana bunyi hukum penawaran ?
3. Bagaimana kurva penawaran?

C. Tujuan Penulisam
1. untuk mengetahui pengertian penawaran
2. untuk mengetahui bunyi hukum penawaran
3. untuk mengetahui kurva penawaran



BAB II. PEMBAHASAN
            Jumlah barang atau jasa yang penjual bersedia menjual pada waktu tertentu dan pada berbagai tingkat harga dapat dikatakan sebagai penawaran. Penawaran juga dapat menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga pada periode tertentu.
            Hukum penawaran ialah “semakin tinggi harga, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya jika semakin rendah harga maka semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan”. Hukum ini berlaku apabila faktor-faktor lain yang mempengaruhi penawaran tidak berubah (cateris paribus)
Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penawaran ialah :
1.        Harga Barang itu Sendiri
Harga barang itu sendiri. Contoh barang A dijual dengan harga Rp 5000 namun harga barang A meningkat menjadi Rp 7000 maka barang yang ditawarkan akan meningkat. Harga barang lain atau harga barang pengganti juga dapat mempengaruhi, itu terjadi apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah dan sebaliknya. Contoh jika harga barang X naik, maka konsumen membeli barang Y sebagai substitusi barang X, permintaan barang Y naik, mendorong produsen meningkatkan hasil produksinya, penawaran barang Y meningkat. Bila harga barang komplemen naik, penawaran suatu barang akan berkurang dan sebaliknya.
2.    Biaya Produksi
Biaya produksi juga mempengaruhi hukum penawaran, apabila biaya produksi meningkat maka produsen akan menjual barangnya dengan jumlah yang sedikit, ini terjadi karena produsen tidak ingin rugi sehingga untuk menekan biaya produksi maka produsen mengurangi jumlah barang yang dijual.
3.   Jumlah Pedagang / Penjual
Jumlah pedagang bertambah maka penawaran barang bertambah dan sebaliknya.
4.   Tujuan Perusahaan
Tujuan yang berbeda-beda menimbulkan pengaruh yang berbeda terhadap penentuan tingkat produksi.
5.   Kebijakan Pemerintah
      Kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi harga suatu barang, contohnya kebijakan pemerintah melalui kenaikan pajak.
6. Teknologi
      Teknologi dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu produk, dan menciptakan produk baru. Terhadap suatu barang, kemajuan teknologi dapat meningkatkan penawaran suatu barang di pasar. 
Masih banyak lagi faktor-faktor produksi yang dapat mempengaruhi suatu penawaran.

Pada gambar diatas terdapat hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga suatu barang yang bermula dari titik kiri bawah hingga ke kanan atas. Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Kurva penawaran dapat terjadi pergeseran atau perpindahan.
Perpindahan kurva dapat terjadi di sepanjang garis kurva yang menggambarkan jumlah barang yang ditawarkan. Ini terjadi karena perubahan harga yang hanya akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan atau hanya akan merubah titik-titik kombinasi antara harga barang dengan jumlah yang ditawarkan. Perpindahan sepanjang kurva menunjukkan adanya perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai respon atas terjadinya  perubahan harga produk.

Perubahan variabel selain harga akan mengakibatkan pergeseran kurva penawaran baik bergeser ke bawah maupaun bergeser ke atas. Perubahan faktor tersebut akan menyebabkan penambahan atau pengurangan jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga yang sama. Bila terjadi kenaikan harga produksi sedangkan faktor produksi lainnya tetap maka semakin kecil keuntungan yang akan diperoleh dari peoduksi suatu komoditi. Produsen akan mengurangi produksinya apabila keuntungan yang diperoleh kecil. Kenaikan harga faktor produksi menggeser kurva penawaran ke kanan. Pergeseran kurva menunjukkan perubahan dalam jumlah yang ditawarkan pada tiap tingkat produk.
Kurva penawaran dapat mengalami pergeseran ke kanan apabila jumlah barang yang di produksi melimpah dan apabila jumlah barang yang di produksi menurun maka pergeseran ke kiri. Hal ini dapat disebabkan oleh kemajuan teknologi, laba yang diinginkan dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi peningkatan produksi barang. Pergeseran ke kiri dapat dipengaruhi salah satunya oleh waktu yang dimiliki seorang produsen, misalnya jika produsen terlalu sibuk dan berdagang hanya sebagai kegiatan sampingan, maka produsen dapat menurunkan jumlah barang yang biasa di produksinya.


BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
            Dari beberapa uiaran diatas dapat ditarik kesimpulan :
1.    Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang penjual bersedia menjual pada waktu tertentu dan pada berbagai tingkat harga.
2.  Hukum penawaran ialah “semakin tinggi harga, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya jika semakin rendah harga maka semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan”.
3.    Kurva penawaran dapat mengalami pergeseran ke kanan apabila jumlah barang yang di produksi melimpah dan apabila jumlah barang yang di produksi menurun maka pergeseran ke kiri. Perpindahan sepanjang kurva menunjukkan adanya perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai respon atas terjadinya  perubahan harga produk.

B. Saran
Makalah ini tentunya memiliki banyak kekurangan untuk itu penulis mohon maaf sebesar-besarnya, demikian penulis sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat.





DAFTAR PUSTAKA
            Aritonang, Sugi. 2015. Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva Penawaran. (Online)                           http://lessonstogether.blogspot.co.id/2015/12/kurva-penawaran-dan-pergeseran-kurva.html.    Diakses tanggal 29 Mei 2017.

Febrianty, Irma. 2017. Penawaran. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Lambung Mangkurat.

Nuhfil. 2009. Penawaran dan Permintaan. (Online) http:// nuhfil. lecture.uc.ac.id /files /2009/03/ mikro-2-penawaran-dan-permintaan-nuhfil.pdf. Di akses 29 mei 2017.

Komentar