Makalah Penawaran
Tugas tambahan mata kuliah Pengantar
Ekonomi Perikanan
Disusun
Oleh :
Nama
: Linda Apriliani
Nim : 1610716120003
Prodi : Ilmu Kelautan
Dosen
Pengampu : Dr. Erma Agusliani, S.Pi., MP.
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN
PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
BANJARBARU
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayah nya sehingga penyusun dapat menyusun
makalah ini guna memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah “Pengantar Ekonomi
Perikanan” dan menambah ilmu pengetahuan bagi penyusun sendiri dan orang banyak
dan dapat juga agar dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengerjakan tugas
mata kuliah lain yang berhubungan dengan makalah ini.
Penyusun menyadari bahwa dalam makalah ini masih belum sempurna untuk
itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Dosen Pengampu
mata kuliah guna perbaikan dari makalah ini. Sekian pengantar dari penyusun.
Terima kasih.
Banjarbaru, 30 Mei
2017
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR......................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB 1.
PENDAHULUAN................................................................................. 1
A.
Latar Belakang.............................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah......................................................................................... 1
C.
Tujuan Penulisan .......................................................................................... 1
BAB
2.PEMBAHASAN .................................................................................... 2
BAB 3. PENUTUP............................................................................................. 5
A.
Kesimpulan................................................................................................... 5
B. Saran..............................................................................................................
5
DAFTAR PUSTAKA
BAB I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan
menciptakan kemakmuran. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya
ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sebagai alat
pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Kata “ekonomi” berasal dari bahasa
Yunani, yakni “oikos” berarti rumah tangga atau keluarga dan “nomos” berarti
peraturan, aturan, hukum, dan secara garis besar dapat diartikan sebagai aturan
rumah tangga. Penawaran dan permintaan selalu ada di kehidupan manusia yang
memang merupakan bagian terpenting dalam pemahaman kita mengenai sistem pasar.
Hal yang harus diketahui ialah apa saja yang dapat memepengaruhi penawaran
komoditi tertentu berikutnya baru kita bisa melihat bagaimana penawaran
bersama-sama menentukan harga serta bagaimana sistem harga itu secara
keseluruhan memungkinkan sistem perekonomian bereaaksi terhadap perubahan
penawaran. Penawaran sangat membantu kita dalam memahami keberhasilan sistem
harga dan juga kegagalannnya.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan penawaran ?
2.
Bagaimana bunyi hukum penawaran ?
3. Bagaimana
kurva penawaran?
C.
Tujuan Penulisam
1.
untuk mengetahui pengertian penawaran
2.
untuk mengetahui bunyi hukum penawaran
3.
untuk mengetahui kurva penawaran
BAB II. PEMBAHASAN
Jumlah barang atau jasa yang penjual
bersedia menjual pada waktu tertentu dan pada berbagai tingkat harga dapat
dikatakan sebagai penawaran. Penawaran juga dapat menunjukkan keterkaitan antara
jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga pada periode tertentu.
Hukum penawaran ialah “semakin
tinggi harga, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya
jika semakin rendah harga maka semakin sedikit jumlah barang yang bersedia
ditawarkan”. Hukum ini berlaku apabila faktor-faktor lain yang mempengaruhi
penawaran tidak berubah (cateris paribus)
Faktor-faktor
lain yang dapat mempengaruhi penawaran ialah :
1.
Harga Barang itu Sendiri
Harga
barang itu sendiri. Contoh barang A dijual dengan harga Rp 5000 namun harga
barang A meningkat menjadi Rp 7000 maka barang yang ditawarkan akan meningkat.
Harga barang lain atau harga barang pengganti juga dapat mempengaruhi, itu
terjadi apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan
bertambah dan sebaliknya. Contoh jika harga barang X naik, maka konsumen
membeli barang Y sebagai substitusi barang X, permintaan barang Y naik,
mendorong produsen meningkatkan hasil produksinya, penawaran barang Y
meningkat. Bila harga barang komplemen naik, penawaran suatu barang akan
berkurang dan sebaliknya.
2. Biaya Produksi
Biaya
produksi juga mempengaruhi hukum penawaran, apabila biaya produksi meningkat
maka produsen akan menjual barangnya dengan jumlah yang sedikit, ini terjadi
karena produsen tidak ingin rugi sehingga untuk menekan biaya produksi maka produsen
mengurangi jumlah barang yang dijual.
3. Jumlah Pedagang / Penjual
Jumlah
pedagang bertambah maka penawaran barang bertambah dan sebaliknya.
4. Tujuan Perusahaan
Tujuan
yang berbeda-beda menimbulkan pengaruh yang berbeda terhadap penentuan tingkat
produksi.
5. Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi
harga suatu barang, contohnya kebijakan pemerintah melalui kenaikan pajak.
6.
Teknologi
Teknologi dapat mengurangi biaya produksi,
meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu produk, dan menciptakan produk
baru. Terhadap suatu barang, kemajuan teknologi dapat meningkatkan penawaran
suatu barang di pasar.
Masih
banyak lagi faktor-faktor produksi yang dapat mempengaruhi suatu penawaran.
Pada
gambar diatas terdapat hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan
harga suatu barang yang bermula dari titik kiri bawah hingga ke kanan atas.
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menunjukkan
hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut
yang ditawarkan. Kurva penawaran dapat terjadi pergeseran atau perpindahan.
Perpindahan
kurva dapat terjadi di sepanjang garis kurva yang menggambarkan jumlah barang
yang ditawarkan. Ini terjadi karena perubahan harga yang hanya akan
mempengaruhi jumlah yang ditawarkan atau hanya akan merubah titik-titik
kombinasi antara harga barang dengan jumlah yang ditawarkan. Perpindahan
sepanjang kurva menunjukkan adanya perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai
respon atas terjadinya perubahan harga
produk.
Perubahan
variabel selain harga akan mengakibatkan pergeseran kurva penawaran baik
bergeser ke bawah maupaun bergeser ke atas. Perubahan faktor tersebut akan
menyebabkan penambahan atau pengurangan jumlah barang yang ditawarkan pada
tingkat harga yang sama. Bila terjadi kenaikan harga produksi sedangkan faktor
produksi lainnya tetap maka semakin kecil keuntungan yang akan diperoleh dari
peoduksi suatu komoditi. Produsen akan mengurangi produksinya apabila
keuntungan yang diperoleh kecil. Kenaikan harga faktor produksi menggeser kurva
penawaran ke kanan. Pergeseran kurva menunjukkan perubahan dalam jumlah yang
ditawarkan pada tiap tingkat produk.
Kurva
penawaran dapat mengalami pergeseran ke kanan apabila jumlah barang yang di
produksi melimpah dan apabila jumlah barang yang di produksi menurun maka
pergeseran ke kiri. Hal ini dapat disebabkan oleh kemajuan teknologi, laba yang
diinginkan dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi peningkatan produksi
barang. Pergeseran ke kiri dapat dipengaruhi salah satunya oleh waktu yang
dimiliki seorang produsen, misalnya jika produsen terlalu sibuk dan berdagang hanya
sebagai kegiatan sampingan, maka produsen dapat menurunkan jumlah barang yang
biasa di produksinya.
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
beberapa uiaran diatas dapat ditarik kesimpulan :
1. Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang
atau jasa yang penjual bersedia menjual pada waktu tertentu dan pada berbagai
tingkat harga.
2. Hukum penawaran ialah
“semakin tinggi harga, maka semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
Sebaliknya jika semakin rendah harga maka semakin sedikit jumlah barang yang
bersedia ditawarkan”.
3. Kurva penawaran dapat
mengalami pergeseran ke kanan apabila jumlah barang yang di produksi melimpah
dan apabila jumlah barang yang di produksi menurun maka pergeseran ke kiri.
Perpindahan sepanjang kurva menunjukkan adanya perubahan jumlah yang ditawarkan
sebagai respon atas terjadinya perubahan
harga produk.
B.
Saran
Makalah ini tentunya memiliki banyak
kekurangan untuk itu penulis mohon maaf sebesar-besarnya, demikian penulis
sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Aritonang, Sugi. 2015. Kurva Penawaran dan Pergeseran Kurva
Penawaran. (Online) http://lessonstogether.blogspot.co.id/2015/12/kurva-penawaran-dan-pergeseran-kurva.html. Diakses tanggal 29 Mei 2017.
Febrianty, Irma. 2017. Penawaran. Fakultas Perikanan dan
Kelautan. Universitas Lambung Mangkurat.
Nuhfil. 2009. Penawaran dan Permintaan. (Online) http://
nuhfil. lecture.uc.ac.id /files /2009/03/
mikro-2-penawaran-dan-permintaan-nuhfil.pdf. Di
akses 29 mei 2017.
Komentar
Posting Komentar